Mengenal Batik

Mengenal Batik - Dewasa ini, batik menjadi semakin populer di mata nasional bahkan internasional. Namun sebenarnya apa sih batik itu? Batik merupakan sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama digunakan dalam matra tradisional beragam hias pola batik tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan malam atau lilin batik sebagai bahan perintang warna. Dengan demikian suatu wastra dapat disebut batik bila mengandung dua unsur pokok yaitu teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna dan pola yang beragam hias khas batik. Namun seiring kemajuan teknologi kini batik juga bisa dibuat menggunakan mesin pabrik sehingga dapat mempercepat proses pembuatannya.  

Motif Batik Tulis Wonogiri

Batik sudah sejak lama menjadi pakaian khas penduduk Jawa. Pada mulanya batik dipakai oleh kalangan priyayi atau orang-orang keraton dengan mempergunakan batik yang disebut batik pedalaman.

Batik pedalaman adalah batik yang berasal dari kraton dan mendapat pengaruh yang sangat kuat dari lingkungan keraton baik ragam hias maupun warnanya. Batik keraton merupakan wastra batik dengan pola tradisional terutama pada batik yang tumbuh dan berkembang di keraton Jawa. Tata susun ragam hias dan pewarnaannya merupakan paduan antara matra seni, adat, pandangan hidup, kepribadian lingkungan yang melahirkannya ditunjang dengan teknologi yang ada di lingkungan keraton.

Pada mulanya pembuatan batik keraton secara keseluruhan sejak penciptaan dan pembuatan ragam hias sampai pencelupan akhir dikerjakan dalam keraton oleh para putri istana sedang pekerjaan lanjutan dilaksanakan oleh para abdi dalem. Dengan demikian jumlah wastra yang dihasilkan terbatas. Seiring dengan kebutuhan wastra batik di lingkungan keluarga dan kerabat keraton yang semakin meningkat pembuatan wastra batik tidak mungkin lagi hanya bergantung pada para putri dan abdi dalem keraton. Keadaan ini menyebabkan munculnya kegiatan pembatikan di luar istana.

Termasuk batik Wonogiren dari daerah Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, awalnya juga berasal dari abdi dalem Keraton Solo. Namun kini batik Wonogiren menjadi semakin dewasa dan berkembang sehingga bisa bersaing dengan batik khas dari Kota Solo yang sangat terkenal. Bila Anda tertarik dengan motif batik yang eksklusif namun murah harganya, maka batik Wonogiren dari Tirtomoyo ini dapat dijadikan sebagai alternatif yang bagus.