Tirtomoyo Wonogiri

Tirtomoyo Wonogiri - Tahukah Anda dengan daerah yang bernama Tirtomoyo. Tirtomoyo ialah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah, tepatnya 40 kilometer sebelah tenggara dari Kota Wonogiri. Anda  mungkin pernah mendengar atau bahkan pernah berkunjung ke tempat wisata Kahyangan yang cukup terkenal, sebenarnya objek wisata ini berada di wilayah Kecamatan Tirtomoyo.


Kecamatan Tirtomoyo ini terkenal sebagai sentra penghasil kerajinan batik tulis khas Wonogiren. Kira-kira ada sekitar 2400-an lebih warganya yang berkecimpung sebagai pengrajin batik.

Pakar dan pengusaha batik yaitu H Kaharudin Hartoyo menyebutkan bahwa kerajinan batik telah tumbuh dan berkembang di Tirtomoyo sejak 1910. Dirintis istri abdi dalem Mangkunegaran yang bertugas di Tirtomoyo, seperti Nyai Rangga Blarakan, Cangkring, Puter, dan Nyai Demang Tirtomoyo. Itu berkembang cepat setelah pada 1920, Mbah Martodikromo, juragan batik di Solo hijrah ke Tirtomoyo. Mulai sejak saat itu kerajinan membatik berkembang dengan segala pasang surutnya sampai sekarang.